Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak Karena Air


Apakah Anda pernah menumpahkan air ke laptop atau keyboard desktop dan perlu bantuan untuk memperbaikinya?  Pada artikel ini, kami melihat solusi terbaik untuk keluar dari situasi yang membuat frustrasi seperti itu.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air dan elektronik tidak dapat bercampur dengan baik.  Dalam banyak kasus, air dapat menggoreng peralatan elektronik sepenuhnya dan menghentikannya bekerja sepenuhnya.  Untungnya, untuk keyboard, sangat mungkin untuk memperbaikinya dengan menghilangkan kelembapan.

Mungkin juga, meskipun lebih sulit, untuk memperbaiki keyboard laptop setelah rusak karena air.


Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak Air untuk PC Desktop

Memperbaiki keyboard yang rusak karena air biasanya cukup mudah selama Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan berhati-hati selama perbaikan.

Langkah pertama adalah mencabut keyboard Anda dari PC sehingga daya tidak lagi mencabutnya.  Pada kebanyakan keyboard, terutama yang membrannya lebih murah, sedikit air tidak akan membahayakan keyboard Anda sama sekali.

Untuk keyboard mekanis dan game yang lebih rumit yang sering kali memiliki sirkuit ekstra, terdapat potensi kerusakan yang tahan lama, dan proses perbaikannya sedikit lebih rumit, tetapi konsep umumnya sama.

Untuk panduan ini, kami akan menggunakan keyboard membran kantor standar sebagai contoh.  Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama dengan keyboard Anda sendiri, tetapi jika Anda terjebak di suatu tempat, Anda mungkin perlu mencari panduan pembongkaran langkah demi langkah online untuk keyboard khusus Anda.

Tujuan keseluruhannya adalah membongkar keyboard sepotong demi sepotong sehingga kami dapat menghilangkan kelembapan.

Untuk memulai, ambil gambar keyboard Anda - Anda akan membutuhkan ini untuk referensi nanti.

Selanjutnya, mulailah dengan menarik semua kunci.  Hampir setiap keyboard memiliki tombol yang dapat keluar masuk tanpa menyebabkan kerusakan.  Anda mungkin membutuhkan tuas kecil untuk menarik kunci keluar.  Pertimbangkan untuk menggunakan obeng atau penny.  Pastikan untuk meletakkan kunci di tempat yang aman agar tidak hilang.

Dengan semua kunci keluar, langkah selanjutnya adalah pindah ke belakang.

Balikkan keyboard Anda dan lepaskan sekrup satu per satu.  Nantinya, Anda akan dapat menghapus lapisan atas keyboard untuk sampai ke lapisan yang mendasarinya.  Jika ini adalah keyboard membran, Anda akan menemukan satu atau dua lapisan membran tipis yang menutupi keseluruhan keyboard.

Tujuan selanjutnya adalah menghilangkan lapisan membran - mereka harus meluncur keluar.  Terkadang juga akan ada bingkai logam yang juga bisa dibuka atau ditarik keluar.

Setelah itu, semua komponen Anda akan dipisahkan.  Tujuan Anda selanjutnya adalah menyeka semua komponen dengan hati-hati dengan handuk kering.  Anda perlu memastikan semua kelembapan terendam.

Jika Anda menumpahkan jus atau soda dan keyboard Anda sekarang lengket, Anda mungkin perlu membeli penyeka alkohol untuk menghapus residu.

Setelah semua kelembapan hilang, Anda dapat memasang kembali keyboard.  Cukup ikuti langkah-langkah yang Anda lakukan untuk membongkar keyboard, tetapi sebaliknya.  Ide yang bagus juga untuk membiarkan keyboard dibongkar selama 12 hingga 24 jam agar kelembapan yang tersembunyi dapat menguap.

Di hampir semua kasus, ini akan memperbaiki keyboard desktop Anda.  Ingatlah bahwa keyboard yang lebih kompleks dengan LED atau fungsionalitas tambahan mungkin memerlukan lebih banyak pembongkaran dan ada juga kemungkinan keyboard Anda rusak sehingga tidak bisa diperbaiki.

Dalam hal ini, Anda harus menghubungi pabrikan untuk mengetahui apakah mereka menawarkan perbaikan atau penggantian.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Air

Memperbaiki keyboard laptop lebih sulit karena ada kemungkinan kelembapan dapat bersentuhan dengan sirkuit penting lainnya di laptop dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Langkah pertama adalah matikan laptop Anda dan segera keluarkan baterainya.  Selanjutnya, tahan tombol daya untuk memastikan tidak ada sisa daya di komponen laptop.  Semakin cepat Anda mematikan laptop, semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan.

Langkah selanjutnya bagi Anda untuk membongkar laptop Anda dan menghapusnya.  Proses pembongkaran akan tergantung pada model laptop yang Anda miliki.

Ada panduan pembongkaran untuk hampir semua model laptop (cari di YouTube) dan kebanyakan laptop dibuat khusus untuk memudahkan pembongkaran.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama