ebook: Akhlak Tasawuf
www.achsanmedia.cf

Akhlak yang luhur dalam kehidupan keseharian merupakansuatu keniscayaan bagi seorang Muslim yang muttaqin, sedangkantasawuf menjadikan agama tidak saja dimengerti atau dipahami tetapi juga dihayati serta dirasakannya sebagai suatu kebutuhan,bahkan lebih dari itu suatu kenikmatan berhadapan dengan sangKhalik (pencipta alam semesta). Rasa muraqabah dan muqarabahseorang hamba merupakan bukti kedekatan hamba dengan Tuhannya sehingga akan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela dan menghinakan. 

Eksistensi manusia yang berkecenderungan mencari nilainilai Ilahiyah merupakan bukti bahwa manusia itu pada dasarnya makhluk rohani di samping sebagai makhluk jasmani. Sebagai makhluk jasmani, manusia membutuhkan hal-hal yang bersifat materi, dan sebagai makhluk rohani manusia membutuhkan terhadap hal-hal yang bersifat immateri atau rohani (Sahabuddin:2002). Demikian pula dalam ajaran Islam esensinya dibagi dalam dua aspek, yaitu aspek eksoteris (lahiriyah) dan aspek esoteris (batiniyah). Sebagaimana disebutkan oleh Sud Tebba, selama ini nampaknya dalam pendidikan Islam masih banyak yang menekankan aspek eksoteris dari pada aspek esoteris. 

Buku Akhlak Tasawuf yang ditulis oleh Saudara H.Badrudin ini nampaknya mengarahkan pada keseimbangan antara aspek eksoteris dan aspek esoteris. Dalam akhlak menekankan pada implementasi dalam kehidupan tidak hanya bersifat teori belaka. Sedangkan dari sisi tasawuf mengarah pada nilai-nilai spiritual dalam rangka menjadi manusia yang dekat dengan Tuhannya. 

Oleh karena itu faidah dalam memahami buku ini merupakan sebuah pengantar dalam membina pola hidup lahir dan batin menuju ridha Ilahi. Mudah-mudahan buku yang dihadapan para pembaca ini bermanfaat bagi pembinaan mental spiritual dan semoga buku ini menjadi bekal amal shalih sebagai ilmu yang bermanfaat baik sebagai bahan kajian maupun sebagai informasi keilmuan. Amin.

Serang, 11 Maret 2013

Prof. Dr. H.E. Syibli Sarjaya, LML, MM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama