Ringkasan Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

Tes Wawasan Kebangsaan diujikan pada Tes Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik menggunakan sistem CAT maupun PBT. Tes ini digunakan untuk mengukur seberapa jauh rta tes CPNS dalam pemahaman wawasan Negara Kes an Republik Indonesia. Pemahaman tersebut dapat digunakan dalam dunia pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan II.

Ringkasan Materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengukur karakter keseharian peserta Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berkaitan dengan kultur lingkungan kerja kepegawaian PNS dalam pelayanan publik di berbagai lini pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat dan II. Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semangat untuk terus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan, ketegasan, kepercayaan diri, mampu bertoleransi, memiliki kepedulian terhadap ling- kungan, dan senantiasa efisien dalam bekerja.

Tes Inteligensia Umum digunakan untuk mengukur kemampuan peserta tes CPNS dalam hal yang berkaitan dengan penalaran verbal, kuantitatif, logika, dan analisis. Kemampuan ini berguna dalam menghadapi dunia pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat 1 dan II, dalam hal memecahkan masalah dan pengambilan suatu keputusan atau kebijakan yang merupakan hasil dari pertimbangan menggunakan akal dan penalaran. Diharapkan keputusan atau kebijakan yang diambil berdasarkan suatu pertimbangan/penalaran yang logis atau masuk akal. 

Oleh karena itu, kemampuan ini dapat Anda latih dengan mengerjakan latihan soal Tes Inteligensia Umum yang terdiri dari: 1. Penalaran verbal/kebahasaan. 2. Penalaran nonverbal/angka/numerik.

Silahkan dapatkan ebook dengan klik DOWNLOAD

APABILA DIMINTA PASSWORD, LIHAT FILE “Tentang Password”


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama