Alur Pembelajaran Metode ‘’Sebarkan’’


METODE SEBARKAN

achsanmedia.cf-Berbicara mengenai metode ‘’sebarkan’’ tak ubahnya berbicara tentang banyakmetode yang telah digunakan oleh para penulis buku di bidang ilmu sharaf umumnya. Hanya saja penyusun dalam buku ini lebih sedikit menekankan kepada beberapa aspek pembelajaran seperti yang akan dikemukakan nanti insyaAllah. Penamaan Metode ‘’Sebarkan’’ Penamaan dengan istilah ‘’sebarkan’’ untuk metode belajar dalam buku ini adalah menyingkat sebuah ungkapan ‘’semangat belajar dan menyenangkan’’, yang harapan penyusun adalah semoga semangat dalam pembelajaran yang dilakoni oleh para pengkaji buku ini dikemas dengan cara yang menyenangkan akan senantiasa ada dalam jiwa-jiwa mereka, aamiin.

Alur Pembelajaran Metode ‘’Sebarkan’’

Seperti tertuang pada halaman ‘’isi buku’’, tampak disana bahwa tema atau materi telah disusun secara sistematis dan bertahap. Upaya ini sengaja penyusun lakukan agar memudahkan para pelajar pemula dalam mengkaji buku sederhana ini. Sehingga ma’lumat mengenai dasar-dasar ilmu sharaf dapat diserap dengan mudah dan runut tanpa melompat kesana-kemari. Kemudian yang menjadi khas metode ini adalah bahwa dalam setiap bahasan tema, terdapat beberapa poin berikut sebagai titik berat pengkajian :

  • Pengenalan atau Definisi
Dengan tujuan mengenalkan tema bahasan secara sederhana menggunakan pengertian dan contoh singkat.

  • Aplikasi dari Teori

Dengan tujuan mengenalkan tema bahasan dalam bentuk praktiknya yang umumnya tertuang dalam bentuk tabel-tabel dengan komposisi kolom serta baris yang beragam jumlahnya.

  • Catatan Kaki

Dengan tujuan memberikan garis bawah serta catatan penting akan beberapa ma’lumat yang kiranya membutuhkan penjelasan khusus dan lebih.

DOWNLOAD  JUGA

ebook: Ulumul Hadist | abdul majid khon

ebook: Syarah Shorof Arba'in 

ebook: Nahwu Pemula 2021 

  • Perhatian dan Tanbih

Dengan tujuan mengambil perhatian yang serius dari para pengkaji buku mengingat pentingnya tema yang dibahas.

  • Latihan

Dengan macam-macam bentuk latihan secara praktik menurut isi dari tema bahasan yang sedang dikaji, bertujuan melatih dan memantapkan isi materi untuk mengantarkan kepada pemahaman yang benar.

Kesimpulan Ulasan

Demikian sedikit gambaran tentang metode pembelajaran dalam buku sederhana ini. Semoga dapat membantu serta mengantarkan para pengkaji buku ini kepada ‘’siap untuk praktik baca kitab kuning’’ di kemudian hari, aamiin.


untuk mendownload ebook ini, silahkan klik download ebook gratis

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama