ebook: TAFSIR TARBAWI DI INDONESIA
www.achsanmedia.cf

Segala puji hanya bagi Allah SWT., Pencipta, Pendidik dan Pemelihara manusia dan jagat raya beserta isinya yang telah memberikan kekuatan dan bimbingan kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan buku yang berjudul “Tafsir Tarbawi: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam.” Ṣalawat dan salam semoga selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW., keluarga, para sahabat, dan seluruh pengikutnya, hingga akhir zaman. Buku ini berasal dari sebagian penelitian disertasi penulis yang diajukan ke Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Buku ini membahas usaha-usaha yang dilakukan oleh sarjana Muslim Indonesia dalam rangka menggali dan mengembangkan ilmu pendidikan Islam dari kitab suci al-Qur’an. 

Dari penelitian ini tergambar bahwa mereka telah berusaha untuk menemukan dan merumuskan ilmu pendidikan Islam dalam al-Qur’an. Walau demikian, sesuai dengan keilmuan, motivasi penyusunan, sumber dan metode yang digunakan oleh para penulis buku Tafsir Tarbawi, produk Tafsir Tarbawi di Indonesia relatif beragam, baik dalam tingkat kedalaman analisa dan validitasnya maupun kontribusi (pendidikan) yang diberikannya. Terkait kontribusinya bagi pendidikan Islam, selain dari kontribusi metodologis, yaitu metodologi tafsir yang ditawarkan terkait pengembangan Tafsir Tarbawi (tafsir pendidikan), buku-buku Tafsir Tarbawi di Indonesia dapat dibagi pada dua kategori, yaitu pertama, Tafsir Tarbawi yang memposisikan al-Qur’an sebagai sumber rujukan nilai sehingga kontribusi yang diberikannya lebih ke arah penggalian dan perumusan nilai-nilai pendidikan Islam dan kedua, Tafsir Tarbawi yang memposisikan al-Qur’an sebagai sumber rujukan pengembangan Ilmu Pendidikan Islam sehingga kontribusi yang diberikannya lebih ke arah penggalian dan perumusan ilmu (aplikasi) pendidikan Islam. 

Dalam kategori yang kedua ini, Tafsir Tarbawi telah mencoba merumuskan konsep-konsep yang menjadi komponen-komponen pendidikan Islam, mulai dari definisi, tujuan, sampai pada media, lingkungan, dan evaluasi pendidikan Islam. Penulis menyadari bahwa penelitian dan penulisan buku ini tidak akan dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya dorongan dan bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu sudah sepatutnya pada kesempatan ini penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka, terutama kepada orang tua penulis Ibu Aen Ruhaenah, BA, serta mertua penulis, Ibu Nani Rohayati, yang telah banyak berjasa dalam hidup penulis dan senantiasa mendukung penulis selama ini, baik moril maupun materil. Semoga kebaikan mereka tercatat sebagai amal shaleh dan dibalas oleh Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat. Ungkapan terimakasih juga disampaikan terkhusus kepada istri tercinta, Titin Yuniartin, M.Pd beserta anak-anak penulis, Nur Muhammad Azizy Rahman dan Hilma Nur Aziza Rahman yang telah mendukung penulis selama menempuh studi doktor ini. 

Doa terbaik penulis panjatkan teruntuk Bapak Sukinta (alm.) dan Bapak O. Haerudin (alm.), orang tua penulis yang telah tiada. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan cahaya, ampunan, dan kedamaian di alam barzakhnya. Terima kasih juga penulis haturkan kepada Kementrian Agama Republik Indonesia yang telah memberikan dana bantuan berupa Beasiswa Studi (BS), sehingga penulis bisa menempuh pendidikan doktoral di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Terima kasih juga disampaikan kepada pihak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang telah memberikan bantuan berupa biaya penyelesaian studi kepada penulis. Penulis mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada yang terhormat: Prof. Dr. H. Salman Harun selaku pembimbing I dan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA., selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis selama penulisan disertasi. Keduanya telah meluangkan waktunya bagi penulis untuk berdiskusi, memberi saran, dan arahan dalam proses penulisan disertasi. 

Juga kepada seluruh pimpinan UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA selaku rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Masykuri Abdillah, selaku Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Didin Saepuddin, MA., selaku Ketua Program Doktor (S3) Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., selaku mantan Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Suwito, MA., selaku mantan Ketua Program Doktor (S3) Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dr. Yusuf Rahman, MA., selaku mantan Ketua Program Magister (S2) Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, para guru besar dan dosen Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA., Prof. Dr. Said Aqil Husin al-Munawwar, MA., Prof. Dr. Abuddin Nata, MA., Prof. Dr. Yunan Yusuf, Prof. Dr. Sukron Kamil, MA., Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Faqih, MA., Prof. Dr. Atho Mudzhar, MSPL., Prof. Dr. Zulkifli, MA., Suparto, M.Ed., Ph.D., Dr. Fuad Jabali, MA., Dr. Asep Saepuddin Jahar, MA., dan Dr. Mukhlish Hanafi, MA. Tidak lupa saya haturkan terima kasih kepada Staf akademik dan perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, khususnya Pak Adam Hesa, Mbak Vhemmy, Mas Arief, Mas Rofiq, yang telah banyak membantu penulis selama penulis menjadi mahasiswa Program doktoral di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, semoga tercatat sebagai amal ibadah. Juga kepada rekan-rekan kuliah dan teman-teman diskusi baik di dalam maupun di luar kampus, khususnya yaitu Fatihunnada, Arrazy Hasyim, Moch. Thoif Hasani, Sofyan Hadi, Budi Juliandi, Bu Thalhah, Nyai Alai Nadjib, dan Lalu Turjiman Ahmad yang telah banyak membantu penulis, baik langsung ataupun tidak selama kuliah dan dalam proses penulisan disertasi. Kepada M. Fatahuddin dan Mbak Diah, sahabat penulis, yang telah banyak mendukung dan membantu penulis selama ini, terutama ketika penulis ada di Ciputat, saya ucapkan terima kasih. 

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, mulai dari tingkat Rektorat, Dekanat, sampai tingkat Prodi. Terimakasih kepada Prof. Dr. R. Asep Kadarohman, M.Si, selaku rektor UPI, Dr. Agus Mulyana, M.Hum., selaku dekan Fakutas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), dan Dr. H. Aam Abdussalam, M.Pd., selaku ketua Prodi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI), yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan program doktor (S3), di UIN Jakarta. Juga kepada seluruh dosen-dosen IPAI, terkhusus kolega satu ruang kerja, Pak Agus Fakhruddin, Pak Mokh. Iman Firmansyah, Pak Elan Sumarna, yang disela-sela kesibukan kerja selalu berdiskusi bertukar pikiran dengan penulis, termasuk terkait tema-tema dalam buku ini. Terima kasih. Jazākumullāh ahsanal jazā. Dalam kata pengantar ini, penulis juga ingin menyampaikan bahwa tentu ada kelemahan dan kekurangan dalam buku ini, oleh karena itu dengan senang hati penulis mengharapkan masukan, saran, kritik dan kontribusi konstruktif dari pembaca dan pemerhati demi kesempurnaan buku ini. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan rahmat, nikmat, dan bimbingan-Nya kepada kita semua. Akhir kalam, semoga karya ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadi amal jariah bagi penulis, amīn.. 

Jakarta, 16 November 2018 

Penulis, Cucu Surahman

DOWNLOAD

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama