Alhamdulillah tak henti-hentinya kami panjatkan puji dan syukur ke hadirat Alloh Subhaanahu wa Ta’aala karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami memperoleh, kesempatan dan kesanggupan untuk menyusun kitab AL-AHSAN yang berisi : QOIDAH ILMU NAHWU DAN PENJABARAN I’IROBNYA SERTA QOIDAH ILMU SHOROF MULAI DARI TINGKAT DASAR SAMPAI TINGKAT MAHIR BESERTA BEBERAPA KOSA KATA TEMATIK. Sholawat beriring salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Rasululloh Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat kelak.

Kitab yang kami susun ini merangkum beberapa qoidah-qoidah mengenai ilmu Nahwu dan Shorof, yang juga dilengkapi dengan beberapa kosa kata tematik untuk membantu menambah perbendaharaan kosa kata dan wawasan dalam mempelajari bahasa Arab. Buku ini adalah hasil revisi untuk yang kesekian kalinya. Alhamdulillah dalam revisi kali ini isinya sudah mengalami banyak perbaikan, dan kami masukkan beberapa qoidah-qoidah dari kitab litelatur bahasa Arab yang mu’tabar dan kontemporer yang kami anggap perlu serta penambahan kosa kata yang terdapat didalamnya serta disusun “Tabel Cara Efektif Mempelajari Dan Memahami Grammar Litelatur Bahasa Arab Dari Materi Dasar Sampai Materi Mahir Beserta Rujukan Halaman Kitab Al-Ahsan” dengan harapan agar lebih memudahkan para penuntut ilmu terutama bagi pemula dalam mempelajari dan memahami Grammar Qoidah Litelatur Bahasa Arab.

Dalam materi i’irob kami menemukan beberapa perbedaan pendapat dalam menentukan tanda i’irobnya, untuk itu kami merujuk kepada materi i’irob yang menurut kami lebih ma’ruf digunakan. Kitab ini juga kami susun sedemikian rupa beserta contoh-contoh yang kami ambil dari Al-Quran dan Al-Hadist agar para penuntut ilmu bisa diarahkan untuk berusaha mempelajari dan menghayati Al-Quran dan AlHadist. Karena jika seseorang belajar bahasa Arab tetapi tidak punya niat untuk mempelajari Al-Quran dan Al-Hadist serta mencari keridhoan Alloh Subhaanahu wa Ta’ala hal tersebut adalah sangat merugikan sekali, Sebagaimana Rasululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

Artinya : “Barang siapa mempelajari ilmu yang seharusnya dilakukan untuk mencari wajah Allah, namun dia mempelajarinya untuk mencari dunia, maka dia tidak akan mendapatkan harumnya surga pada hari kiamat kelak.” ( HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah) َ

 ُArtinya : “ Barang siapa mencari ilmu untuk menyaingi ulama, menyombongkan diri di hadapan orangorang bodoh, atau agar menarik perhatian manusia, niscaya Alloh akan memasukkannya ke dalam neraka.” ( HR. At-Tirmidzi ).

Kami juga berharap kitab ini bisa dipakai belajar secara mandiri (belajar sendiri tanpa guru) dan diharapkan bisa memudahkan para penuntut ilmu untuk memahami litelatur bahasa Arab yang sekarang ini paradigma di masyarakat belajar bahasa Arab itu adalah sesuatu yang sulit, padahal jika diiringi dengan ketekunan dan niat yang ikhlas in syaa Alloh mempelajari bahasa Arab adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.

Dalam penyusunan kitab ini kami sudah berusaha semampu kami untuk menyusun dan meyempurnakan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat pada kitab ini, tetapi kami sadar buku ini sangat jauh dari sempurna oleh karena itu kami sangat mengharapkan tegur sapa dari pembaca jika ada kesilapan dan kekhilafan dalam penulisan dan penyusunan kitab ini agar mengirimkan ralatnya via e-mail MuhammadAzhar0224@gmail.com. Karena manusia itu tidak akan luput dari sifat khilaf dan lupa, mudah-mudahan pada waktu yang akan datang kitab ini menjadi lebih baik dari yang sekarang ini. Semoga ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist-hadist berikut ini bisa memacu semangat kita dalam menuntut ilmu agama : َ

“Dia(Alloh) memberikan hikmah(kepahaman agama dan ilmu yang bermanfaat) kepada siapa yang dia kehendaki, maka barang siapa yang diberikan hikmah itu maka sungguh dia telah diberikan kebaikan yang banyak, dan tidaklah dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat” (QS.Al-Baqoroh:269) َ

 Artinya : “Alloh akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberikan ilmu beberapa derajat” (QS.Al-Mujadilah:11)

ِArtinya : “Barang siapa yang keluar dalam rangka menuntut ilmu maka dia berada di jalan Alloh Sampai dia pulang” (HR:At-Tirmidzi)

 Artinya : “Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Alloh akan mudahkan jalannya menuju Surga” (HR: Muslim)

Kami memberikan izin bagi siapa saja yang ingin mengcopy ataupun memperbanyak isi dari buku ini untuk tujuan pendidikan dan dakwah dengan tetap mencantumkan sumbernya. Bagi para penuntut ilmu yang belajar secara mandiri (belajar sendiri tanpa guru) in syaa Alloh kami bersedia membantu dan memberikan pengarahan agar buku ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Karena kami juga pernah merasakan banyak kendala jika mempelajari bahasa Arab secara mandiri tanpa bimbingan seorang guru. Hanya kepada Alloh Subhaanahu wa Ta’ala sajalah kami berharap pahala atas penyusunan buku ini, dan semoga Alloh Subhaanahu wa Ta’ala menjadikan kita tetap istiqomah untuk memperdalam dan menyebarkan ilmu agama. Amiin ya Robbal ‘Alamin

 DOWNLOAD

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama