Segala puji bagi Allah Swt, Tuhan semesta Alam. Rahmat-Nya amat luas, nikmat-Nya tak terhitung. Sholawat serta salam, semoga senantiasa terlimpah curah kepada junjungan kita semua, hamba terbaik, yang dengan kesempurnaan dalam kehambaannya tsb beliau menjadi nabi dan rosul kita semua, yang menjadi rahmat bagi seluruh alam. Berangkat dari sebuah kutipan populer “Someone’s sitting in the shade today because someone planted a tree a long time ago.” – WB, menghantarkan saya pada sebuah makna; kemanfaatan. Tentang bagaimana setiap upaya yang dilakukan seseorang dapat melahirkan suatu manfaat, bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga orang lain. Betapa berharganya langkah seseorang yang tampak kecil pada masanya, dapat berdampak besar di kemudian. 

Menyelami ilmu bahasa arab selama hampir 10 tahun ini, bukan tanpa alasan. Langkah saya untuk mendalami bahasa arab pada tahun 2010, menjadi salah satu keputusan yang memberi dampak besar pada perjalanan hidup saya. Selain memang ketertarikan terhadap ilmu bahasa itu sendiri, saya menyadari bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sedemikian penting untuk dipelajari. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengawali langkah dalam mendalami agama Islam, adalah mengerti bahasanya. Al-Quran, hadits, sumber-sumber periwayatan, dan lainnya diturunkan dalam bahasa Arab. Mana mungkin kita dapat betul-betul menyelami maknanya, jika kita sama sekali tidak kenal dengan bahasanya.

Buku yang merupakan hasil kompilasi dari materi yang dibagikan oleh Dr. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed., seorang doktor bahasa dan dosen di beberapa universitas, ini merupakan salah satu karya pertama saya yang dipublikasikan. Meskipun bukan buku murni hasil tulisan saya sendiri, tetapi saya yakin bahwa dalam berkarya kita bisa melalui cara dan jalan yang berbeda-beda. Sebuah pencapaian yang besar diawali dari langkah kecil. Untuk itu, saya merasa kiranya perlu mengemas materi-materi bahasa Arab tersebut dalam sebuah buku yang kemudian dapat dipublikasikan. Buku ini berisikan seni pengungkapan bahasa sehari-hari dalam bahasa Arab yang mana dapat membantu pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam percakapan. Keyakinan untuk menerbitkan buku ini juga tak lepas dari keinginan saya untuk mewujudkan kalimat kutipan di awal pembuka kata pengantar ini. Saya berharap setiap langkah yang ditapaki, tidak hanya meninggalkan bekas jejak, melainkan sesuatu yang berharga, yakni manfaat. Dan tentu, yang paling mendasar dari semua itu, semata-mata dalam rangka mencari Ridho Allah Swt. 

Mengakhiri prakata ini, tak lupa saya ingin mengungkapkan rasa terimakasih. Pertama, tentu untuk Dr. Nasaruddin Idris Jauhar, M.Ed. sebagai pemilik karya, yang telah mengizinkan saya untuk mengkompilasi tulisan-tulisan beliau yang sangat bermanfaat. Kedua, kepada ustadz Wendi Junaidi yang telah memposting ulang materi-materi ini di kanal telegram sehingga sangat memudahkan dalam proses kompilasi. Ketiga, kepada istri tercinta, Windi Ariesti Anggraeni, M.Ak. yang telah membantu dan mensupport dalam pembuatan buku ini. Tak kalah penting juga adalah dukungan dari para pembaca. Ibarat kata tak ada gading yang tak retak, saya menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam karya ini. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat saya nantikan. Sebagai bahan masukan untuk perbaikan serta penyusunan jilid berikutnya. Dengan senang hati juga saya persilakan untuk para pembaca sebarluaskan, jangan biarkan ilmu ini berhenti hanya sampai tangan kedua. Semoga kita semua dapat menerima manfaat dan mengamalkan ilmu yang terkandung dalam buku ini.


DOWNLOAD

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama