Alhamdulillahirabbil Aalamiin! Puji syukur disampaikan ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada Tim Penulis sehingga buku ajar ini dapat diselesaikan.

Buku ini ditujukan sebagai bahan ajar dalam matakuliah Media dan Sumber Belajar. Dalam buku ini, dibahas topik-topik yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran. Topik-topik itu meliputi: (1) pengertian, tujuan, fungsi, dan kontribusi media pembelajaran, serta pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran yang berisi sejumlah aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dan merancang media pembelajaran baik dari aspek karakteristik siswa maupun aspek teknis; (2) definisi, fungsi, komponen, dan kelebihan multimedia interaktif, serta karakteristik program pembelajaran dan perangkat multimedia dalam proses pembelajaran; (3) pengenalan Macromedia Flash 8, teknik animasi, teknik animasimotion guide, mengimpor file dan animasi break apart, dan langkah membuat produk teknologi informasi; serta (4) contoh penelitian pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimedia interaktif dan bernilai pendidikan karakter untuk siswa kelas V Sekolah Dasar sebagai masukan bagi mahasiswa dan guru dalam merancang dan melaksanakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran.

Buku ini disusun sebagai keluaran tambahan dari penelitian yang berjudul “Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif yang Bernilai Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Rangka Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013” yang dibiayai oleh negara melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Untuk itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atas kesempatan dan pembiayaan penelitian ini.

Di samping bantuan dari Kemenristekdikti, buku ajar ini dapat diselesaikan atas bantuan beberapa pihak. Untuk itu, tim penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada: (1) Rektor Universitas Bung Hatta dan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bung Hatta yang telah memfasilitasi penelitian; (2) Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta; (3) Arespi Junindra, Yunike Yuda Frisila, Irma Arizta Afriyanti sebagai teknisi yang telah membantu pengembangan media, dan (4) pihakpihak lain yang membantu penelitian dan penulisan buku ajar ini. Semoga bantuan tersebut menjadi ibadah bagi mereka. Tim penulis berharap semoga buku ajar ini bermanfaat bagi guru, calon guru, dan pembaca.

Download Ebook

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama