Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Yang mengajari dengan qalam, mengajari manusia apa-apa yang tidak diketahuinya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjunan alam, Nabi Muhammad saw., beserta keluarganya, para sahabatnya, dan semua pengikutnya yang selalu setia kepadanya.

Bahasa Arab, selain merupakan bahasa bagi orang Arab, bahasa ilmu pengetahuan dan kebudayaan, juga merupakan bahasa agama Islam dan kaum muslimin di seluruh penjuru alam, karena Al Quran dan Sunnah Rasul yang menjadi sumber pokok agama Islam, keduanya menggunakan bahasa Arab. Seiring dengan itu, ilmu-ilmu tentang keislaman sebagai hasil karya para ilmuwan muslim terdahulu ditulis dengan bahasa Arab.

Dan dewasa ini, bahasa Arab sebagai bahasa politik, sudah diakui keberadaannya di forum dunia tertinggi yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pengajaran bahasa Arab tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan bahasa itu sendiri. Keberhasilan dalam setiap proses belajar mengajar ditentukan oleh banyak faktor, yaitu faktor pendekatan tujuan pengajaran, faktor materi pengajaran, faktor metode dan teknik pengajaran, faktor media pengajaran dan lain sebagainya.

Dalam menghadapi era globalisasi, penyusun mencoba menyajikan suatu materi pengajaran bahasa Arab dasar, sebagai persiapan untuk menerima pelajaran-pelajaran kebahasaaraban berikutnya. Penyusun akan menerima segala kritik dan saran untuk menyempurnakan modul ini dengan senang hati. Mudah-mudahan modul ini bermanfa'at adanya. âmîn.

Download Ebook

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama