Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah Swt. Berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan buku kecil ini. Allah telah menjadikan qalam (alat tulis) sebagai media pengembangan dan proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Allah sangat sayang kepada hamba-hamba-Nya yang senang membaca dan menulis. Bahkan ayat al-Qur’an pertama turun menganjurkan agar manusia banyak membaca dan menulis.

Salawat dan salam, semoga selalu dilimpahkan kepada arwah Nabi Muhammad Saw. Kehadiran Beliau merupakan sosok pribadi yang pantas dijadikan idola dan contoh dalam mengarungi kehidupan ini. Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab dalam Mata Kuliah علم اللغة (Linguistik). Linguistik, khususnya Linguistik Arab, sebagai ilmu yang relatif muda masih belum banyak dikenal oleh halayak umum dan buku-bukunya pun belum banyak ditulis dengan berbahasa Indonesia. Hal itulah yang mendorong penulis untuk menyusun buku ini. Secara umum, isi buku tidak jauh berbeda dengan buku-buku Linguistik Umum yang sudah ada dan sudah beredar di Tanah Air.

Namun, fokus utama dalam buku ini adalah melihat potret bahasa Arab melalui kaca mata linguistik umum. Dengan demikian, dalam penyusunan buku ini banyak mengkomparasikan teori-teori linguistik umum de ngan bahasa Arab, khususnya antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat melihat lebih jauh persamaan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Arab, yang pada akhirnya dapat membantu mereka dalam menyukseskan pembelajaran bahasa Arab di Tanah Air. Buku ini disusun melalui pengembangan silabus mata kuliah Linguistik Kurikulum Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam.

Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu bahan kuliah, bagi para mahasiswa dan atau dosen, baik di UIN, IAIN, STAIN, dan Universitas lainnya dalam mata kuliah علم اللغة (Linguistik). Banyak pihak yang telah berpartisipasi dalam proses penyelesaian penulisan buku ini, untuk itu penulis ucapkan terima kasih. Secara khusus penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam–dalamnya ke pada isteri tercinta Reni Maulina Siregar, S.Pd.I dan anak kami tersayang Daffa Azka El-Sahren Nasution, atas perhatian, kasih sayang, dan kesabarannya mendampingi penulis, sehingga buku ini dapat direvisi. Kepada penerbit Lisan Arabi yang bersedia menerbitkan ulang buku ini, penulis ucapkan ribuan terima kasih. Penulis menyadari, bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala bentuk kritik dan saran yang konstruktif dari semua pembaca selalu penulis harapkan.


Medan 31 Desember 2016

Penulis Dr. H. Sahkholid Nasution, S.Ag., MA.

DOWNLOAD BUKU

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama